Rabu, 22 Januari 2020

MENERAPKAN TEKNIK PENELUSURAN SEARCH ENGINE




dewaweb-blog-segala-hal-tentang-search-engine




KD. 3.9 Menerapkan Teknik Penelusuran Search Engine dan KD. 4.9 Melakukan Penelusuran Informasi.








KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kita panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia nya saya dapat membuat blog ini. Blog ini berisi tentang Teknik Penelusuran Search Engine atau digunakan sebagi Mesin Pencari Informasi.

Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Indra Bahrum yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyelesaikan tugas ini, serta kepada semua pihak yang telah mebantu proses pembuatan blog ini.

Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan blog yang saya buat ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu saya sangat menghargai kritik dan saran yang diberikan oleh para pembaca blog ini. Untuk kesempurnaan penyusunan penulisan pada kesempatan untuk membuat blog selanjutnya.

Jakarta, 22 Januari 2020



Tazlima Nurul Amelia 







Pengertian Search Engine 

Search Engine atau mesin pencari adalah website yang mengumpulkan dan mengorganisir konten dari seluruh bagian internet. Untuk menggunakannya, kita hanya tinggal memasukkan apa yang ingin kita cari dan mesin pencari atau search engine akan memberikan berbagai link ke konten yang sesuai dengan apa yang sedang dicari. Hasil halaman pencarian, biasa disebut dengan search engine results page atau SERP, memberikan hasil kepada Anda dari konten yang paling relevan sampai tidak. Cara mesin pencari menentukan ranking memang berbeda-beda.




Cara Kerja Search Engine

Mesin pencari menggunakan program yang sering disebut dengan istilah spiders, robots, atau crawlers untuk mencari konten dari seluruh sudut internet. Hasil-hasil pencarian crawlers ini kemudian digunakan mesin pencari untuk membangun index internet.
Sebagian besar mesin pencari akan memberitahu Anda tentang cara meningkatkan peringkat halaman Anda di halaman hasil pencarian, algoritma yang mereka gunakan dijaga dengan baik dan sering berubah untuk menghindari penyalahgunaan. Tetapi dengan mengikuti beberapa teknik optimasi mesin pencari (SEO) yang sudah terbukti, Anda dapat memastikan bahwa website Anda terindeks dengan baik dan tetap tinggi dalam peringkat.




Tujuan Search Engine

Tujuan utama search engine adalah memberikan hasil sebaik dan serelavan mungkin dengan apa yang dicari oleh penelusur. Dengan memberikan informasi yang dibutuhkan, search engine memastikan pengunjung akan mendapatkan informasi seperti yang mereka cari.

Tujuan lalin dari search engine yaitu menghasilkan uang dari iklan. Pebisnis bersedia membayar untuk beriklan di search engine karena mereka tahu banyak orang yang menggunakannya setiap hari.



Fungsi Search Engine 

1. Memudahkan mencari alamat website atau blog
Search engine atau mesin pencari memiliki kapasitas yang sangat besar dan akan terus disesuaikan dengan pertambahan jumlah pengguna internet sehingga pada mesin pencari tersebut memiliki bermacam-macam informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang yang menggunakkan mesin pencari tersebut.


2. Sarana mencari informasi

Dengan memiliki kapasitas yang sangat besar mesin pencari memiliki beragam informasi di seluruh dunia yang dapat kita ketahui di internet.


3. Efektif untuk Browsing

Lebih memudahkan kita untuk mencari sesuatu informasi dari pada kita mencarinya satu persatu di website atau blog karena bisa anda bayangkan betapa banyaknya websie dan blog dalam dunia internet.


4. Memiliki bahasa pencarian yang lengkap 

Mesin pencari digunakan diseluruh dunia oleh karena itu fasilitas mesin pencari dilengkapi dengan berbagai bahasa-bahasa di dunia.


5. Sumber finansial 

Mesin pencari juga dapat difungsikan sebagai sumber penghasilan. Misalnya memasang iklan, setiap pengguna yang mencari informasi akan menulis kata-kata informasi yang mereka cari, nah iklan-iklan yang berkaitan dengan kata yang mereka tuliskan akan muncul sehingga pengunjung akan tertarik juga untuk melihat iklan-iklan tersebut.




Macam-Macam Search Engine 



1. Google

Hasil gambar untuk mesin pencari google
google search engine

Google merupakan search engine terbesar yang saat ini digunakan oleh pengguna secara global. Mesin pencari yang berbasis di Mountain View, California, Amerika Serikat tersebut bahkan mampu menjadi salah satu perusahaan terbesar yang menerima jutaan trafik perhari dari orang-orang yang melakukan pencarian.

Selain digdaya lewat search engine, belakangan Google juga berekspansi guna menghasilkan berbagai produk unggulan seperti layanan video streaming YouTube, Google Adwords, Google Adsense, Gmail, hingga sistem operasi Android yang digunakan jutaan smartphone di seluruh penjuru dunia.

2. Bing

Gambar terkait
Bing search engine 

Search engine terbesar kedua setelah Google yakni Bing. Mesin pencari hasil garapan Microsoft tersebut hingga kini masih menguasai 20 persen dari total pencarian yang ada di Internet. Meski tidak sebesar Google, dengan angka penelusuran sebesar ini Bing terbukti masih bisa bertahan meski minim inovasi baru untuk memikat pembeli.


3. Yandex

Hasil gambar untuk yandex search engine

Yandex search engine

Contoh search engine berikutnya selain Google berikutnya adalah Yandex untuk hasil penelusuran berbahasa Rusia. Yandex memang masih terdengar asing di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, berdasarkan data dari Alexa, yandex merupakan salah satu situs terbesar di dunia dengan jumlah trafik penelusuran yang cukup lumayan. Tertarik untuk mencobanya? langsung saja bisa langsung meluncur ke situs Yandex.ru.


4. DuckDuckGo

Hasil gambar untuk duckduckgo search box
DuckDuckGo search engine

Jaman dahulu kala, ketika belum mengenal apa itu DuckDuckGo penulis sempat dibuat penasaran dengan peningkatan jumlah pengunjung dari referal halaman tersebut. Usut punya usut, DuckDuckGo sendiri merupakan sebuah private search engine yang tidak melacak pengguna maupun menampilkan advertisement di laman pencarian. Kehadiran DuckDuckGo menjadi sangat menarik mengingat semakin banyaknya iklan tidak relevan yang ditampilkan Google pada hasil penelusuran.





Kesimpulan

Kita sudah membahas berbagai hal tentang search engine. Bagi sebuah bisnis, mesin pencari tentunya memberi banyak kemudahan; agar mereka bisa ditemukan banyak orang hanya dengan satu kali klik saja. Di artikel ini kami juga sudah membagikan artikel yang bisa Anda baca untuk meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari. selain itu, kami juga sudah memberi tahu Anda beberapa search engine selain Google, meskipun Google masih tetap memegang predikat sebagai search engine terbaik dan paling popular. Memang ada kemungkinan search engine lain akan menjadi lebih terkenal, bahkan mungkin saja akan ada berbagai search engine baru yang nantinya akan muncul. Tetapi untuk saat ini, Google dan Bing masih memegang predikat search engine paling popular dan paling banyak digunakan.



DAFTAR PUSTAKA


https://www.dewaweb.com/blog/mesin-pencari-search-engine/

https://blog.rumahweb.com/bagaimana-cara-kerja-search-engine/

https://www.herosoftmedia.co.id/apa-sebenarnya-fungsi-search-engine-dan-bagaimana-cara-kerjanya/

https://qwords.com/blog/pengertian-search-engine/











1 komentar: